Parcel lebaran di tengah pandemi Covid-19 ala Aulion. (Foto: twitter @Aulion).
Parcel lebaran di tengah pandemi Covid-19 ala Aulion. (Foto: twitter @Aulion).

Lebaran segera tiba, berbagai persiapan tentu masih menjadi tradisi yang tak bisa hilang begitu saja.

Memang, tahun ini Hari Raya Idul Fitri 1441 H dianjurkan untuk di rumah saja sebagai salah satu langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Namun, tak mesti menyurutkan niat kalian untuk saling berbagi ya. Salah satu tradisi menyambut hari lebaran yakni membuat parcel.

Parcel lebaran memang seakan sudah menjadi ajang tahunan untuk saling berbagi kepada sama dalam menyambut perayaan hari kebesaran umat muslim di dunia ini.

Biasanya, kebanyakan parcel lebaran akan berisikan beragam jenis makanan dan minuman. 

Tapi, di tengah pandemi Covid-19 influencer Aulion berbagi tips menarik buat kalian yang tengah berencana membuat parcel nih.

Melalui akun twitter pribadinya, @Aulion ia berbagi kreatifitas untuk membuat parcel lebaran bertemakan kesehatan.

Parcel do itu yourself (DIY) atau bikinan sendiri ini, sekaligus sebagai kampanye hidup bersih di tengah pandemi Covid-19.

Menariknya, hampir semua isinya terdapat parodi yang lucu mengenai kesehatan. Isinya, mulai dari handsaplast, hand sanitizer, surat dokter, obat-obatan dan segala kebutuhan kesehatan lainnya.


"PARSEL LEBARAN YANG GAK BIASA (dan murah, memorable & useful!) - [thread]," cuitnya.

Pertama-tama, ia menunjukkan bungkus parcel yang diparodikan dengan logo halodoc diganti menjadi haloyon. Tertulis juga pesan, 'yang penting kamu sehat udah itu aja'.

Dan tertanda untuk penerima, dengan nama-nama lucu seperti 'untuk Isterinya Taehyung'.

"Tema nya kesehatan, soalnya lagi pandemi. Packagingnya parodiin halodoc. personalized juga si 'untuk' nya biar belom buka tapi udah senyum duluan. Ini berdasarkan apa yg mereka suka / julukan lucunya," jelasnya.

Selanjutnya, ia juga menambahkan surat dokter yang diparodikan dengan berisikan pesan menyambut hari lebaran bagi penerima.

"Surat pesonalized juga, bebas ngeguyon disini di 'pekerjaannya'. Pake tulisan tangan biar lebih sweet!," katanya.

Beralih ke barang-barang parcel itu sendiri, ia berharap segala apa yang dikirim dalam parcel tersebut bisa bermanfaat bagi penerimanya.

"Parodi barang-barang yang useful biar unik dan semoga bikin senyum-senyum sendiri ya pas baca! attention to detail juga haruss!," ungkapnya.

Di antaranya, obat antimo diubah menjadi Antima Anti Maksiat, Hansaplast menjadi Harusikhlast, Bye Bye Fever menjadi Bye Bye Insecure, Tolak Angin jadi Tolak Sin Obat Herbal Untuk Masuk Surga+Pahala.

Kemudian, ada juga masker, hand sanitizer, alkohol atau cairan antiseptik, dan yang lainnya. Ini salah satu cara menjaga kebersihan dengan mengikuti anjuran pemerintah.

"Gak cuma untuk sekedar imut aja, semuanya Insyaallah semuanya bermanfaat yaa di suatu hari nanti akan dipake," terangnya.

Terakhir, ia juga mencantumkan tulisan ala resep dokter. Di mana isinya semua barang-barang yang terdapat dalam parcel tersebut.

"Oh iya, lengkap dengan resep dokter dari Apotek Sehat Forever, semua isi parsel adalah doa untuk selalu sehat," imbuhnya.

Dalam thread penutup itu, ia juga menautkan video YouTube-nya yang membahas mengenai pembuatan kreativitas parcel lebaran untuk tahun lalu.

Cara ini kiranya bisa menjadi pilihanmu ya, selain lebih bermanfaat juga anti mainstream untuk memberikan parcel kepada orang-orang di sekitarmu.