Kapolres (tengah, berseragam) bersama petugas dari Imigrasi (baju biru) saat meresmikan Astuti Mobile. (foto : Joko Pramono/Jatim Times)
Kapolres (tengah, berseragam) bersama petugas dari Imigrasi (baju biru) saat meresmikan Astuti Mobile. (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

Masyarakat Tulungagung tak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi Blitar untuk mengurus pasport. Pasalnya, saat ini sudah ada layanan pembuatan paspor secara mobile di Tulungagung. 

Layanan paspor online ini bekerja sama dengan Polres Tulungagung. Layanan ini jadi satu dengan kendaraan Astuti Mobile.

“Selain melayani SKCK dan SIM perpanjangan, kami juga menggandeng rekan dari Imigrasi,” ujar Kaplres Tulungagung AKBP E.G. Pandia,Minggu (9/2/20).

Nantinya kendaraan ini akan berkeliling ke seluruh kecamatan di Tulungagung secara terjadwal. Kerja sama dengan Imigrasi ini untuk mempermudah masyarakat Tulungagung yang banyak bekerja di luar negeri. “Maka dari itu akan mempermudah mereka untuk mengurus paspor,” ujar kapolres.

Sementara itu Kasi Intelijen dan Penindakan Imigrasi Blitar Deny Irawan yang ikut dalam launching ini menjelaskan layanan yang dilayani dalam Astuti Mobile ini. Menurut dia, masyarakat bisa membuat paspor baru dan pergantian paspor. Pemohon cukup melengkapi persyaratan untuk membuat paspor baru di Tulungagung tanpa harus pergi ke Kantor Imigrasi Blitar.

“Persyaratan sama saja. Hanya tempat pengambilan biometriknya yang beda, yaitu di bis ini (di Tulungagung),” ujar Denny. Namun  pengambilan paspor tetap dilakukan di Kantor Imigrasi Biltar.

Saat ini ada sekitar 250 WNA yang ada di Tulungagung. Kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa asal Thailand yang kuliah di IAIN Tulungagung.