Screenshot Facebook

Screenshot Facebook



Sebuah video berdurasi singkat menyebar luas dan viral di media sosial Facebook sejak Sabtu (7/9/2019) malam hingga Minggu (8/9/2019). Video yang memperlihatkan beberapa orang tengah berpelukan seolah saling meminta maaf itu pun disebut-sebut sebagai video permintaan maaf wali jota Malang kepada putra putri Papua.

Penyebutan wali kota Malang minta maaf ke putra putri Papua itu dinyatakan pada keterangan video yang diunggah akun Facebook bernama Rudi Taryanto pada Sabtu (7/9/2019), sekitar pukul 09.42. "Pak Wali Kota Malang Meminta Maaf Kpd Putra Putri Papua," tulis Rudi Taryanto pada keterangan video. 

Hingga Minggu (8/9/2019) pagi, video tersebut telah mendapat ribuan respons dan lebih dari dua ribu komentar dari warganet.

Dalam video itu, terlihat seorang pria memeluk beberapa pria dan perempuan yang berdiri berjajar. Bahkan,  pria yang disebut-sebut sebagai wali kota Malang itu tampak mencium kaki  pria dan perempuan yang berjajar tersebut meski ada beberapa yang kemudian menghalangi keinginan pria tersebut untuk mencium kaki.

Susasana haru pun terlihat sangat jelas dalam video tersebut. Suara isak tangis para tamu undangan yang hadir dalam undangan itu terdengar jelas dalam video. Dengan diiringi lagu Satu Nusa Satu Bangsa, suasana haru terasa begitu kental. Pria itu satu per satu menyalami dan memeluk setiap pria dan perempuan yang berdiri berjajar.

Namun ada yang menarik pada video tersebut. Sebab, pria yang disebut wali kota Malang itu memiliki perawakan yang sangat jauh berbeda dengan Wali Kota Malang Sutiaji. Selain itu, beberapa warganet yang mengenali sosok Wali Kota Malang Sutiaji juga berbondong-bondong memberi pendapat dalam kolom komentar.

"Pak Wali Kota Malang itu Drs H Sutiaji.. Itu bukan Pak Wali," tulis akun bernama Endrayuda.

"Itu bukan Wali Kota Malang deh hhh. Tampang bpk Sutiaji nggak seperti itu," tambah pemilik akun Ander.

"Itu Hoax, bukan Wali Kota Malang," tegas pemilik akun Manavin Rental Car Avanza.

Bahkan Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto ikut berkomentar. "Sdr.  Rudy Taryanto,  terima kasih utk pesan damai,  tapi tautan keterangan yg Saudara sertakan salah dan menyesatkan karena profil tersebut bukan Bapak Walikota Malang... sangat tidak bijak dan tidak baik apabila tidak tahu serta tidak kenal lalu mengklaim dg keterangan yg salah... ayo bersosmed yg bijak dan cerdas," ungkapnya.

Selain itu, ada pula beberapa warganet yang menyampaikan hal serupa dengan menyertakan foto profil  Wali Kota Malang Sutiaji. Salah satunya akun bernama Sam Ubay yang menulis, "ini Drs. H. SUTIADJI Walikota Malang...
dan di video yg diunggah itu bukanlah Drs. Sutiaji (gestur tubuhnya sangat jauh berbeda)," tulisnya sembari menyertakan foto Sutiaji.

Namun beberapa warganet memberi komentar lain pada video yang ramai diperbincangkan itu. Beberapa menyebut bahwa tindakan dalam video yang disebut-sebut dilakukan  wali kota Malang  itu sebagai aksi sangat mulia yang dilakukan oleh sosok pemimpin daerah.

"Trmksh BPK walikota Malang dgn gagah brni meminta maaf bahkan bersujud.......bapak sngat mulia.....smga dgn permintaan maaf bapak walikota Malang rakyat Papua dan kita smua kembali akur sporti Asia kala karena Indonesia dari Sabang sampai merauke......," ujar Yandri Muga Barat.

"Mau ini hoak atau bukan ,saya tetap berharap semoga Indonesia tetap bersatu tdk ada lagi pertumpahan dara ,Indonesia merdeka," tulis Tiar.

Belum diketahui dengan pasti kapan, di mana, dan dalam acara apa video tersebut. Terus, bagaimana komentar dan penjelasan Wali Kota Malang Sutiaji? Hal itu akan dibahas dalam tautan selanjutnya. Berikut ini video lengkap dan tautan dari facebook Rudi Taryanto. 

 

 

 

Tag's Berita

End of content

No more pages to load